Tanah Airku

Sejarah Bulu Tangkis Di Dunia

Sejarah Bulu Tangkis di Dunia
 
              Dari mana cabang olahraga bulu tangkis bersumber serta bagaimana sejarah awalnya ? Orang hanya mengetahui nama bulu tangkis bersumber dari suatu rumah/istana di daerah Gloucester-shire, kurang lebih 200 kilometer sebelah barat London, Inggris. Badminton House, menjadi saksi sejarah bagaimana olahraga ini mulai dikembangkan sampai pada masa sekarang. Di bangunan tersebut, Duke of Beaufort serta keluarganya pada abad ke-17 menjadi pelopor olahraga ini. Tetapi Duke of Beaufort bukanlah penemu permainan itu. Badminton hanya menjadi nama sebab dari situlah olahraga ini mulai dikenal di kalangan kelas atas serta kemudian menyebar. Badminton menjadi satu-satunya cabang olahraga yang namanya bersumber dari nama tempat.
           Yang juga tanda tanya besar merupakan bagaimana nama permainan ini berubah dari battledore menjadi seperti yang kita kenal sekarang badminton. Nama asal permainan dua orang yang menepak bola ke depan (forehand) alias ke belakang (backhand) selagi mungkin ini yang sebelumnya battledore. Asal mula permainan battledore dengan memakai shuttlecock (kok) sendiri juga misteri. Dulu orang memakai penepak dari kayu (bat). Dua orang menepak "burung" itu ke depan serta ke belakang selagi mungkin.
            Permainan macam ini telah dilakukan anak-anak serta orang dewasa lebih dari 2000 tahun yang lalu di Jepang, India, Thailand, Cina, serta Yunani. Di daerah terbaru ini dimainkan lebih tak sedikit dengan kaki. Di Inggris ditemukan gesekan kayu abad pertengahan yang memuat foto anak-anak sedang menendang-nendang shuttlecock.
            Permainan memakai kok terbukti memiliki daya tarik tersendiri. Setelah ditepak alias dipukul ke atas jadi begitu “jatuh” (menurun) kok akan melambat, memungkinkan orang mengejar serta menepaknya lagi ke atas. Yang menjadi tanda tanya, bagaimana dapat terbentuk kok semacam sekarang: ada kepala dengan salah satu ujung lingkaran serta di ujung lain yang datar tertancap bulu-bulu sejenis unggas. Bahan-bahan untuk membikin kok terbukti telah ada di alam. Bentuk kepala kok yang lingkaran telah ada di kurang lebih kita, biasa ditemukan dalam buah-buahan alias batu.
            Pertanyaannya merupakan bagaimana awalnya bulu-bulu dapat menancap di kepala kok? Ada yang menganggap bahwa ada seseorang sedang duduk di kursi serta di depannya meja tulis. Dia melamun serta memikirkan sesuatu yang jauh. Tanpa disengaja dirinya mengambil tutup botol yang terbuat dari gabus serta kemudian menancap-nancapkan pena yang saat itu terbuat dari bulu unggas. Beberapa pena tertancapkan serta jadilah bentuk sederhana suatu kok.
           Tentu ini tak ada buktinya. Hanya kemudian terbukti terbentuk alat permainan semacam itu yang di tiap daerah tak sama bentuknya. Pada tahun 1840-an serta 1850-an keluarga Duke of Beaufort ke-7 paling tak jarang menjadi penyelenggara dalam permainan ini. Bernard Adams (The Badminton Story, BBC 1980) mengatakan anak-anak Duke -tujuh laki-laki serta empat perempuan – inilah yang mulai memainkannya di ruang depan. Lama-lama mereka bosan dengan permainan yang monoton. Mereka kemudian merentangkan tali di antara pintu serta perapian serta bermain dengan menyeberangkan kok melalui tali tersebut. Inilah awal sejarah net. Akhir tahun 1850-an mulailah dikenal tipe permainan yang baru. Tahun 1860-an ada seorang penjual mainan dari London yang mungkin juga menyediakan peralatan battledore ia adalah Isaac Spratt, beliau juga menulis Badminton Battledore – a New Game. Tulisan itu menggambarkan terjadinya evolusi permainan di Badminton House.
(BWF)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Bulu Tangkis Di Dunia"

Post a Comment