Tanah Airku

Cara Mengenal Karakter Kita Sebagai Pemain Bulu Tangkis

Mengenal Karakter Pemain Bulu Tangkis
Menjadi seorang pemain badminton yang ingin merasakan bermain dengan strategi yang baik layaknya seorang yang profesional maupun pemula tak lepas dari pemahaman terhadap diri sendiri. Banyaknya pendapat yang menyebutkan " Pokoknya bermain dengan kemampuan terbaik sesuai kemampuan diri kita" pernyataan itu sebenarnya sah-sah saja. Dikalangan pemula ini dipersepsikan dengan bermain apa adanya sesuai dengan kondisi dilapangan. Apa kekurangan nya :
  1. Permainan seolah tanpa arah
  2. Jika lawan menggunakan sedikit saja strategi untuk menghemat tenaga nya maka kita akan kewalahan
  3. Jika bermain ganda baik ganda putra/putri ataupun campuran sering terjadi "bentrok raket" ini boleh-boleh saja tapi tidak ada salahnya untuk bermain sedikit rapi
  4. Permainan akan terlihat kaku. Contohnya pada pemain ganda ketika bola datang kearah tengah masing-masing pemain ingin mengambil bersamaan atau bahkan saling membiarkan karena berharap pasangannya akan mengambil bola tersebut.
Disinilah perlunya kita mengenal karakter kita sebagai pemain apa dan harus bagaimana. Pengenalan karakter sebagai pemain bulu tangkis yang baik sudah mendarah daging setiap pemain profseional baik di level nasional maupun internasional. Tidak salah jika seorang pelatih dari Negara Denmark mengatakan pemain tunggal mereka Peter GAD harus menelan pil pahit saat beberapa kali bertemu dengan andalan kita Taufik Hidayat karena kalah dari segi karakter. Bagi para pelatih-pelatih mancanegara tidak heran dengan istilah dalam dunia bulu tangkis yaitu perang karakter. Apa itu perang karakter ?  Perang karakter adalah keadaan bagaimana seorang pemain dalam mempertahankan kemampuan secara fisik dan emosi. Ketika seorang pemain tunggal maupun ganda terjebak yang menyebabkan kehilangan kendali secara penuh dengan permainan nya maka secara strategi sudah 30% kalah.
Jadi bagaimana cara mengenal karakter kita ?
  1. Tidak ada salahnya melihat idola kita dalam bermain jika kita seorang pemain tunggal maupun campuran. Banyak video-video dari youtube yang bisa dilihat. Melihat disini adalah kita mengandai sebuah permainan. Dikalangan pemula memang aneh tapi ingat seorang Lee Young Dae selalu melihat video pemain favoritenye sebelum berlaga dilapangan. 
  2. Kuasai kemampuan dasar dengan baik seperti Backhand, Lob, Wiping (menyapu), Drive, dan Smash. Mengapa harus ? Karena dengan ini kita bisa menerapkan serta memperbanyak potensi koleksi karakter diri seperti kemampuan backhand Atlit Taufik Hidayat yang tercepat sampai saat ini.
  3. Latihan emosi terutama kesabaran dalam bekerja akan membantu membiasakan diri untuk menjadi karakter yang baik dilapangan.Latihan fisik yang terus menerus tidak hanya akan menaikan stamina tapi juga membuat standard stamina baru sesuai dengan porsi latihan yang kita programkan.Untuk program latihan apa saja yang harus kita progaramkan saya akan membahasnya pada postingan berikutnya
Sekian dulu postingan saya semoga dapat menginspirasi PeBulu Tangkis Pemula yang sedang mengikuti program latihan maupun yang baru mulai mencoba bermain. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikomentar
Jaya Terus Bulu Tangkis Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengenal Karakter Kita Sebagai Pemain Bulu Tangkis"

Post a Comment